Tata Cara Sholat Jamaah Wanita

12 05 2009

Tanya:
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Afwan Ustadz,ana mau tanya. Kalau dalam shalat berjamaah yang jamaahnya semua perempuan ada iqamah tidak? Lalu dimana tempat imamnya? Apakah sama dengan laki-laki? Syukran jazakumullahu khairan.

Jawab:
Sholat berjamaah boleh dilakukan para wanita tanpa ada lelaki di sana dan menjadikan salah seorang dari mereka imam. Dasarnya adalah keumuman hadits keutamaan sholat berjamaah dan tidak adanya larangan wanita mengimami wanita lain dalam sholat. Juga ditambah hal ini pernah dilakukan sebagian shahabiah seperti Ummu Salamah radhiyaAllahu ‘anha dan ‘Aisyah radhiyaAllahu ‘anha. Tempat imamnya adalah di tengah-tengah mereka, sebagaimana dicontohkah ‘Aisyah radhiyaAllahu ‘anha, bahwa beliau mengimami para wanita dan berdiri di antara mereka dalam sholat wajib (riwayat Abdurrazaq dan ad-Daraquthni. Hadits ini shahih lighairihi).

Demikian juga Ummu Salamah radhiyaAllahu ‘anha istri Nabi pernah mengimami kaum wanita dan berdiri di tengah mereka. (lihad Musnad Imam Syafi’i dan haditsnya shahih lighairihi)
Dari dua riwayat ini dapat dijelaskan bahwa seorang wanita bila mengimami seorang wanita, maka ia berada sejajar dengan makmumnya. Apabila lebih dari seorang makmum, maka ia berada di tengah antara makmu wanita tersebut. Bila shafnya lebih dari satu, maka imamnya berada di tengah shaf pertama.

Dalam permasalahan iqamah pada shalat jamaah kaum wanita memang tidak ada satupun hadits shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam (lihat Jami’ Ahkaam an Nisaa’ 1/299). Namun ada riwayat dari sebagian sahabat dan tabi’in yang membicarakan hal ini.
Sahabat yang mulia Abdullah bin Umar radhiyaAllahu ‘anhu pernah ditanya apakah wanita diwajibkan adzan maka beliau marah dan berkata: Apakah saya melarang dzikir kepada Allah (Riwayat Ibnu Abi Syaiban dalam al-Mushannaf dengan sanad hasan).
Ibnu Qadamah rahimahulullah menyatakan bahwa ia tidak mendapatkan para ulama berselisih pendapat tentang tidak wajibnya wanita beradzan dan beriqamah. Namun mereka berselisih tentang sunnahnya melakukan hal tersebut dalam jamaah wanita tanpa ada lelaki di sana dalam beberapa pendapat:
a. Diperbolehkan beradzan dan beriqamah dan inilah pendapat asy-Syafi’i.
b. Tidak disyariatkan adzan dan iqamah.
c. Disyariatkan iqamat tanpa adzan,inilah pendapat imam Malik dan imam Ahmad.
d. Dimakruhkan adzan dan iqamah.
Yang rajih-wallahu a’lam-wanita tidak diwajibkan beradzan dan iqamah-baik sholat sendirian ataupun berjamaah bersama wanita lainnya, namun apabila mereka melakukan iqamah maka itu baik dan tidak dilarang dengan ketentuan tidak mengeraskan suaranya hingga terdengar para lelaki, cukup dengan suara yang didengar antara mereka saja. Hal ini karena Rasulullah hanya mengisyaratkan at-Tashfiq (tepuk tangan) bagi wanita dalam sholat bila mendapatkan imamnya salah dan lelaki dengan mengucapkan subhanallah.
Ibnu Hazm rahimahulullah menyatakan: Tidak diwajibkan adzan dan iqamah bagi wanita apabila mereka adzan dan iqamah maka itu baik.
Demikain yang dapat kami utarakan, mudah-mudahan bermanfaat.

Diambil dari Majalah Nikah Volume 7 periode 15 Oktober – 15 November 2008.

About these ads

Actions

Information

2 responses

2 06 2010
intan liana

Assalamu’alaikum,
Afwan, kalau boleh tahu nama kitabnya apa ya, yang ada penjelasan tentang sholat berjamaah wanita

6 05 2011
zainul haq

Wa’alaikum salam warahmatullah….
Maaf, setelah sekian lama…baru bisa jawab pertanyaan..
Setelah searching….alhamdulillah saya menemukan kitab yang mbak cari di http://www.almanhaj.or.id.
Nama kitabnya Al-Fatawa Al-Jami’ah Lil Mar’atil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita, penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan terbitan Darul Haq hal. 133 penerjemah Amir Hamzah Fakhruddin…
Mudah2an mbak liana sudah menemukannya terlebih dahulu…sekali lagi mohon maaf yg sebesar-besarnya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: