Cerita Diklat 2

4 04 2009

Dug dug dug dug….Suara bedung ditabuh. Entah siapa yang menabuh, aku nggak tau. Waktu menunjukkan pukul 04.17am. “Lum waktunya sholat…” Aku berkata dalam hati. Sejenak kemudian aku terbangun lagi suara adzan yang saling bersautan. “Allahu akbar….Allahu akbar…”…”Ah,malas banget…”pikirku. Tp akhirnya aku berjalan juga ke kamar mandi tuk wudhu.

Kami pun melangkah menuju masjid yang terletak di komplek Pusdiklat BPKP (pusdiklat). Dinginnya udara ditambah dengan angin yang berhembus membuatku menggigil kedinginan. “Alhamdulillah…sampai juga di masjid”
“Kok remang-remang yang,Nul?” “Gak tahu deh.. “. Ternyata di dalam masjid sudah ada orang yang duduk bersila sambil berdzikir kurasa. Kemudian datang seseorang yang menyalakan lampu yg membuat seisi ruangan masjid menjadi terang benderang.

“Allahu akbar Allahu akbar…” Seseorang mengumandangkan iqamat. Dan kami pun sholat berjama’ah.

“Huah…kok masih dingin juga” pikirku ketika berjalan menuju tempat kami menginap. Sesampai di kamar….hehehe…merdeka…aku pun tertidur pulas setelah membaca dua ayat al qurán dan menguji beberapa hafalanku.

Pukul 06.10…”Masih lama, ah” Aku pun tidur kembali… Pukul 06.30. “Dah waktunya bangun nih,kalo nggak cepet-cepet mandi dan ke ruang makan, bisa-bisa nggak kebagian sarapan”.

“Hey…” teriak seniorku…Aku ngobrol sebentar dengan beliau kemudian segera mengambil sarapan yang aku inginkan. “Ibu, ni temen-temen ibu yang mau ikut diklat ahli?” “Iya, yang ini namnya Matilda, dan ini Riris”. Sambil berusaha menikmat santapanku, aku berbincang-bincang dengan seniorku dan kedua temennya yang duduk bersebelahan dengan meja yang aku pakai. Matilda adalah PNS dari ESDM yang berasal dari Sulawesi da Riris adalah PNS Kementrian Pemberdayaan Perempuan yang berasal dari Temanggung.

Tidak lama setelah sarapan, acara pertama diklat pun dimulai. Berbeda dengan diklat-diklat sebelumnya yang pernah aku ikuti. Diklat kali ini diawali dengan outbond….dan…fasilitatornya adalah senior kami sewaktu di kampus.

Sebelum masuk ke permainan, kami membentuk lingkarang yang besar dan kemudian melakukan pemanasan dengan dipimpin oleh ibu ida kalo aku nggak salah ingat…kalo salah ya mohon maap..hehehehe.
Permainan kami diawali dengan berhitung ala outbond. Bilangan yang ganjil disebutkan angkanya dan bilangan yang genap diganti dengan, maap “prettt”. Tentunya melalui ucapan.

Banyak dari kami yang melakukan kesalahan. Lebih dari lima orang diminta ke tengah-tengah untuk menerima hukuman.

Kemudian kami pun kembali membentuk lingkaran dan berhitung. Kali ini berhitungnya hanya sampai empat tp diulang-ulang.”Satu….” “Dua…” “Tiga….” “Empat….”
“Silahkan bapak-bapak dan ibu-ibu berkumpul menurut nomornya masing-masing”.. Kami pun kemudian berkumpul sesuai apa yang diminta oleh fasilitator. Satu…Dua…Tiga…Empat…Terbentuk empat kelompok dari sekitar 65 peserta diklat.

Berbagai permainan pun kami lakukan…Dan sebelum istirahat,kami berjalan-jalan ke belakang area Pusdiklat BPKP. MasyaAllah,indah banget…sawah yang masih hijau, sungai yang mengalir air yang sejuk.”Hmmm, serasa di kampung”.

Di sini kami bermain-main sejenak dengan air, kemudian kami pun kembali ke asrama Pusdiklat BPKP. Tak lama setelah itu,adzan dzuhur pun terdengar. Aku sholat sebentar kemudian beranjak menuju ruang makan yang sudah dipenuhi peserta diklat.

Setelah isitrahat siang, kami kembali berkumpul untuk melanjutkan aktivitas outbond. Sehubungan dengan cuaca yang semakin mendung, dan kilat pun sudah menyambar-nyambar, aktivitas outbond dipindahkan ke ruang gym.
Di sini kami memainkan beberapa permainan….Dan…juara umumnya adalah kelompok yang aku ikuti.
Beberapa wajah penuh heran menyelimuti anggota kelompok, “Bagaimana bisa kami menjadi juara umum?”
Setelahnya, kami pun mengucapkan salam perpisahan kepada para fasilatator dari BPKP.

Senjapun sudah mulai nampak,kami menuju kamar kami masing-masing untuk membersihkan badan kami dan bersiap-siap untuk makan malam. Tak banyak cerita disini, setelah makan malam…kami kembali ke kamar kami masing-masing dan beristirahat.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: